Rabu, 26 Oktober 2011

Cerita XII IPA 1 24 okt 2011




Cerita XII IPA 1 24 okt 2011 SMA Muhammadiyah Cileungsi
awalnya pas hari minggu kita (XII IPA 1) ada acara foto untuk album kenangan di Taman Wiladatika. setelah selesai, dan lagi siap siap pulang, anak anak pada bingung untuk tes pidatoB. Indonesia hari senin besoknya. alasan bingungnya yang utama sih pada belum hafal. padahal itu tugas udah dari jauh jauh hari di kasih bunda Ery (guruB. Indonesia) , tapi dengan alasan "SIBUK" dan "BANYAK TUGAS" jadi kaga hafal hafal.
senin besoknya, begitu masuk kelas, puput nyengir sedikit ngeliat anak anak yang grassak grussuk ngapalin pidato B. Indonesia, apalagi B.Indonesia pelajaran pertama. sampe sampe pas upacara sempet sempetnya puput sama angel bawa pidatonya ke lapangan upacara. kebetulan kita tim padus, jadi pas lagi gag nyanyi, ngapalin deh :)
pas selesai upacara langsung tuh anak anak pada dag dig dug lagi, untungnya ada acara dulu di masjid yang lumayan makan waktu, jadi ngambil waktu pelajaran B. Indonesi. abis acara di masjid selesai langsung pada ke kelas dan sibuk ngapain lagi (ketauan banget gag preparenya ).
karena abis upacara ada acara dulu di masjid, jadi waktu pelajaran B. Indonesia cuma tinggal 20 menit lagi. dimulailah percakapan  ...

puput : "mba enjel, panggil bunda gih sana, waktunya 20 menit lagi"
enjel : "gamau akh, cape, aku mulu" (padahal mah alesannya belom hafal pidato)
puput : "rakha (ketua kelas) panggil bunda gih sana ! tar keburu abis waktunya"
rakha :" jangan saya akh, saya belom hafal" (jujur)
puput : "nunk, panggil bunda gih sana"
nunk : (dengan wajah manyun penuh arti) “duh, aku belom apal“
puput : “ kan majunya di kocok ini“
nunk : “ya kalo pas di kocok ternyata aku dapet pertama gimana? orang belom apal“
puput : “ya itu si DL“ (blaga udah hafal, padahal mah sama aja)
nunk langsung keluar kelas untuk jemput bunda, tapi ternyata bunda udah deket kelas. akhirnya, nunk dan bunda masuk kelas. puput masih nunduk ngapalin pidato. sepintas liat nunk yang jalan di belakang bunda dengan kepala nunduk bibir manyun.

rakha : “siap berdoa dimulai (setelah agak lama) berdoa selesai, beri salam“
anak anak : “assalamualaikum wr wb“ ..

langsung setelah beri salam kita seperti biasa baca surat AlQuran dulu sebelum belajar. setelah itu disambung kultum yang hari ini giliran Jalaludin. anak anak baca surat An Naba dengan 40 ayat (lumayan panjang) . dan Jalal kultum tentang KEBERSIHAN :). saat jalal kultum dia juga sengajain agak lama, yang tadinya cuma mau ngasih contoh 2 tentang kebersihan malah nambah jadi 5.

Jalal : " anajopatuminaliman  yang artinya kebersihan itu sebagian dari iman, itu kata bapak saya. jadi kalo ada sampah harus kita bersihin, itu kata bapak saya. terus kalo lapangan kotor kita juga harus ngebersihin, itu juga kata bapak saya. “ (anak anak ketawa nutupin gugup deg degannya)

di akhir kultum jalal baca bacaan arab kaya hadist atau ayat Alquran gitu, panjang juga. tapi tanpa ngasih tau arti dan maksudnya langsung dia bilang "wassalamualaikum wr.wb" -_? ngeselin banget.
langsung setelah jalal selesai kultum anak anak deg degan lagi .. lalu ..

bunda : “assalamualaikum wr wb .. “
anak anak : “waalaikum saalam wr wb“ (DEG DEG An)
bunda : “baiklah kita teruskan pelajaran kita (lalu melihat jam di HP nya) tapi waktunya tinggal 15 menit lagi. kalau ibu mau, ibu bisa saja memanggil 3 nama untuk menyampaikan pidatonya di depan sesuai rencana kita. tapi .. saat tadi ibu masuk kelas, dan melihat kalian semua, feeling ibu mengatakan bahwa kalian semua belum siaap untuk maju“
anak anak : “ hahahaha“ (ketawa kecil malu)
salah satu anak ada yang bilang "tau aja bunda" (gatau siapa yang bilang, buka aib aja -_? )
bunda : “kenapa ibu bilang begitu, alasannya yang pertama ketika ibu masuk tadi, semua kepala nunduk, ga ada yang tegak“
(anak anak ketawa lagi)
bunda : “dan psikologi pendidikan mengatakan bahwa kalau guru masuk kelas siswanya pada nunduk, itu berarti mereka tidak siap untuk pelajaran itu“
(anak anak ketawa lagi)
bunda : “coba aja kalo ada guru yang bilang "baiklah ibu akan melemparkan beberapa pertanyaan kepada kalian semua" pasti siswanya pada nunduk, takut namanya dipanggil“

(anak anak ketawa lagi)

bunda : “yang kedua. selama .. (bunda liat absensi kelas) selama 16 kali pertemuan, baru kali ini kalian baca surat sepanjang itu. biasanya ga pernah, padahal kalian tahu jam pelajaran b.Indonesia tinggal sebentar lagi“ (dengan senyum sedikit gedeg)
(anak anak ketawa ngakak ga tau malu :))
rakha :kita kan emang lagi ngapalin buat tahfidz bunda, jadii dibaca terus (100% bener)
bunda : “Bohong“ (dengan wajah ga percaya)
puput : “bener ko bun, sambil ngapalin, kemaren kemaren juga baca itu“ (100% bener)
bunda : “bohong“ (dengan wajah hemm)
masud : “kita emang hafalnya yang itu bunda“ (100% BOHONG :))
bunda : “bohong“ (dengan wajah hemmmmmmm)
akhirnya bunda bilang ...
bunda : “baiklah, dengan sejumlah alasan itu bunda putuskan untuk pengambilan nilai tes pidato hari jumat saja”
(anak anak bersorak hore dan tertawa ria ga tau malu :D)
deg degannya selesai ... HAHAHAHAHAH,,,



0 komentar:

Posting Komentar